Connect with us

Komputer

Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron

Published

on

Rate this post
Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron – Jakarf Blog – Mungkin 80 % dari kalian yang membaca artikel ini adalah orang yang sudah terlanjur membeli motherboard amptron. Mengapa demikian ? karena motherboard yang satu ini tidak terkenal dan juga terbukti banyak keluhannya. Sekarang ini banyak sekali toko-toko online ataupun offline PC rakitan yang menjual barang-barang yang dapat dikatakan “buruk” diiming imingi spesifikasi besar dengan harga yang murah dapat membuat kita tergiur dan langsung membeli produk tersebut. Yuk Baca selengkapnya Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron dari saya.

Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron
Contoh Motherboard Amptron. Gambar Hanya Pemanis

Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron

Setelah sekitar 6 tahun PC saya menemani, akhirnya processor & motherboard saya sudah waktunya minta diganti. Akhirnya saya mencari di salah satu marketplace dan menemukan toko komputer online yang kebetulan tokonya dekat dengan saya. Sayapun tergiur dengan harga motherboard yang hanya 500 ribuan saja. Memang motherboard Amptron ini memiliki bahasa yang dapat membuat kita yakin untuk membeli produk ini. “Amptron” keren bukan namanya? namun tidak sekeren kualitasnya. Pada saat itu saya membeli produk Amptron H61 C untuk socket LGA 1155.

Setelah saya membeli produk ini saya langsung coba di komputer. Dari pertama kali install ulang saya sudah menemukan beberapa hal buruk dari motherboard ini. Berikut Pengalaman Buruk Membeli Motherboard Amptron.

1. Hardisk , Flaskdisk , DVD ROM Sulit Terdeteksi.

Awalnya saya bingung kenapa sulit sekali melakukan penginstallan ulang, hingga akhirnya saya menemukan solusinya yaitu hardisk tidak terdeteksi. Akhirnya saya coba pindahkan kabel ke slot sata yang lain dan akhirnya dapat berfungsi. Namun, masalah terjadi lagi yaitu setelah selesai penginstalan menggunakan flaskdisk, DVD ROM saya tidak bisa terdeteksi, akhirnya saya coba pindahkan ke slot yang lain, DVD ROM dapat terbaca tetapi Hardisk tidak terbaca (wow amazing bukan?) akhirnya keputusan sulit yaitu DVD ROM tidak saya pasang dan akhirnya PC saya dapat digunakan.

2. Network Sering Mati

Pernah mendengar pepatah orang sunda “Senggol Bacok?” yah ini yang bisa dikatakan untuk motherboard yang satu ini. Kesenggol sedikit saja (PC berubah posisi) network mati. Bahkan ketika menginstall game atau bermain game berat seperti GTA V ataupun yang lain itu Network suka tiba-tiba mati sendiri. Solusi saya memperbaikinya yaitu dengan mendisconnectkan network dan menyalakan kembali sehingga network bisa digunakan kembali. Namun, ketika bermain game berat atau menginstall game / software kembali terjadi lagi.

3. Tombol Keyboard Yang Aneh

Nah ini yang bikin kesel ingin banting motherboard ini. Saya pakai keyboard baru dan sudah dicoba di pc lain berjalan lancar. Namun berbeda dengan motherboard yang satu ini. Seringkali terdapat huruf atau angka yang tidak bisa berfungsi ataupun juga tombol yang ketika diketik 1 kali muncul langsung 3 atau 4. Biasanya tombol yang tidak berfungsi yaitu B,N,R,O, Angka 1-5 7-9 lalu F5 dll ( Untuk F belum saya coba semua dikarenakan jarang digunakan). Serta tombol yang sering diketik 1 kali muncul banyak yaitu Huruf R dan O. Bagaimana Solusinya ? Solusinya yaitu memindahkan keyboard terlebih dahulu ke laptop atau pc lain lalu ketikan semua tombol di keyboard. Dengan begitu ketika dipindahkan kembali ke motherboard ini akan berfungsi normal kembali semua. Namun jangan heran jika beberapa saat kembali terjadi hal seperti ini.

4. Slot USB Sering Error

Yang keempat yaitu permasalahan pada Slot USB yang sering error. Seringkali saya harus memindah-mindahkan port untuk memasukan data melalui flaskdisk selalu tidak terbaca (seperti permasalahan pada yang kesatu)

Namun Ada lagi yang bikin saya kecewa apa itu ? 



1. Tidak Ada Website Resmi.

Motherboard Amptron ini tidak mempunyai website resmi manapun. Pada karduspun tidak tertulis nama website yang satu ini. Walaupun motherboard ini memiliki garansi 2 tahun dan nama PT distributor yang jelas, Namun tetap saja rata-rata orang malas untuk mengajukan garansi karena ribetnya dan ongkir yang mahal.

2. Tidak Bisa Update Driver

Motherboard yang satu ini tidak mempunyai website sehingga kitapun yang sudah membeli motherboard yang satu ini tidak bisa update driver. Lalu bagaimana jika CD dari bawaaan hilang atau rusak ? ada kok di google namun sangat sulit mencarinya.

3. CD Driver Memakai CD Seperti Hadiah Koran.

Alangkah kagetnya ketika melihat CD bawaan motherboard ini yang menyerupai seperti CD gratis dari koran-koran atau majalah. Jika motherboard terkenal seperti gigabyte memiliki CD driver bawaan yang keren dan bagus, lain ceritanya dengan yang satu ini.

Mengapa Saya Bisa Membeli Motherboard Amptron ini ?

Karena kebutuhan urgent, diiming imingi harga yang murah, nama yang keren dan spesifikasi yang tinggi saya membeli Motherboard Amptron H61 C tanpa mencari terlebih dahulu bagus atau tidaknya motherboard yang satu ini. Hingga akhirnya dapat saya katakan “Kecewa membeli motherboard Amptron ini” karena banyak sekali masalah-masalahnya.

Ringkasan Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron

Motherboard Amptron umumnya dijual 50 % lebih murah dari harga pasaran. Banyak sekali masalah-masalah dari motherboard yang satu ini. Jika orang awam IT pasti langsung menyalahkan perangkat PC lain seperti misalnya keyboard yang error padahal yang error adalah motherboardnya dan Network yang sering mati menyalahkan kabel LANnya. Untuk saat ini pemakaian baru sekitar 3 minggu dengan perangkat komputer semuanya baru, VGA, RAM 4 GB, Hardisk dll motherboard ini sudah memiliki banyak masalah seperti yang saya katakan tadi (pemakaian motherboard juga sudah sekitar 3 minggu). Sayapun belum tahu apa masalah selanjutnya apabila saya memakai motherboard ini dalam jangka waktu yang cukup lama kedepan.

Note : Pembuatan artikel ini saya tidak mengada-ngada ataupun melebih lebihkan. Saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri atas kekecewaan saya membeli produk ini. Dan sudah banyak orang juga yang kecewa seperti saya. Dan juga saya disini netral tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan produk ini dan membagus-baguskan produk lain. Saya hanya berniat untuk berbagi wawasan dengan orang lain supaya lebih bijak dan belajar sedikit mengenai IT. SEKALI LAGI SAYA TIDAK BERNIAT UNTUK MENJELEK-JELEKAN PRODUK INI karena rata-rata yang membaca artikel ini sudah terlanjur membeli motherboard ini. Thank You ~




Sekian  Pengalaman Menggunakan Motherboard Amptron dari saya. Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Saran, Pertanyaan dan Kritik silahkan tulis di kolom komentar, maka secara cepat atau lambat saya akan membalasnya satu persatu. Terima Kasih.

Baca Juga :

Continue Reading

Komputer

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta

Published

on

By

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta -Asus Vivobook E203MAH
5/5 - (3 votes)

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta – Infountuku Dalam era digital seperti sekarang, laptop menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk membeli laptop yang mahal. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa pilihan laptop yang harganya dibawah 5 juta.

 

Baca Juga : Rekomendasi Keyboard Gaming Dibawah 500 Ribu

 

 

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta

 

1. Acer Aspire 3

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta - Acer Aspire 3

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta – Acer Aspire 3

Acer Aspire 3 adalah salah satu pilihan laptop yang bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang mencari laptop dengan harga terjangkau. Laptop ini memiliki spesifikasi yang cukup untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti browsing, mengetik, hingga streaming video. Acer Aspire 3 dilengkapi dengan prosesor AMD A4-9120e, RAM 4 GB, dan penyimpanan HDD 500 GB.

2. Lenovo IdeaPad Slim 1

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta - Lenovo Ideapad 1

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta – Lenovo Ideapad 1

Lenovo IdeaPad Slim 1 juga menjadi pilihan laptop yang bisa kamu pertimbangkan. Laptop ini memiliki layar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Ditenagai oleh prosesor AMD A4-9120e, RAM 4 GB, dan penyimpanan SSD 128 GB, laptop ini mampu menjalankan tugas sehari-hari dengan lancar.

3. Asus VivoBook E203MAH

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta -Asus Vivobook E203MAH

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta -Asus Vivobook E203MAH

Asus VivoBook E203MAH juga bisa menjadi pilihan laptop murah yang cocok untukmu. Laptop ini memiliki layar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000, RAM 4 GB, dan penyimpanan eMMC 64 GB, laptop ini cocok untuk melakukan tugas-tugas ringan, seperti mengetik, browsing, hingga streaming video.

4. HP 14s-dk1029AU

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta - HP14S

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta – HP14S

HP 14s-dk1029AU merupakan pilihan laptop yang cocok untuk kamu yang membutuhkan laptop dengan performa yang lebih baik. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 3 3250U, RAM 4 GB, dan penyimpanan HDD 1 TB. HP 14s-dk1029AU juga memiliki layar 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

5. Acer Aspire 5

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta - Acer Aspire 5

5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta – Acer Aspire 5

Acer Aspire 5 menjadi pilihan laptop terbaik dengan harga dibawah 5 juta. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 3 3200U, RAM 4 GB, dan penyimpanan SSD 512 GB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD 1080p, sehingga cocok untuk kamu yang membutuhkan laptop dengan kualitas layar yang baik.

Penutup

Itulah beberapa pilihan laptop dengan harga dibawah 5 juta yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, sebelum membeli laptop, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhanmu dan spesifikasi laptop tersebut agar sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

 

Artikel : 5 Pilihan Terbaik Laptop Dibawah 5 Juta

Continue Reading

Komputer

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5

Published

on

By

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5
5/5 - (2 votes)

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5 – Infountuku VGA atau Video Graphics Array merupakan bagian penting dari sebuah komputer yang bertugas untuk menampilkan gambar pada sebuah layar. Dalam memilih VGA, kapasitas memori grafis menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting karena semakin tinggi kapasitas memori grafis maka semakin baik performa grafis yang dapat dihasilkan. Namun, tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk membeli VGA dengan penyimpanan grafis yang besar. Oleh karena itu,  pada artikel kali ini infountuku akan membahas tentang VGA dengan kapasitas memori grafis 4GB yang bisa dibeli dengan budget kurang dari Rp 2 jutaan aja.

 

Baca Juga : Bagaimana Cara Membedakan VGA Asli Dan VGA Palsu

 

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5

Rekomendasi VGA 4GB Dibawah 2 Juta Original DDR5

 

 

1. PowerColor Red Dragon RX 570 4GB

PowerColor Red Dragon RX 570 4GB

PowerColor Red Dragon RX 570 4GB – sumber : powercolor.com

PowerColor Red Dragon RX 570 4GB merupakan kartu grafis yang diproduksi oleh PowerColor, sebuah merek kartu grafis yang sangat populer dan terkenal di pasaran. Kartu grafis ini memiliki kapasitas memori sebesar 4 GB dan menggunakan jenis memori GDDR5.

Dari segi performa, RX 570 merupakan kartu grafis kelas menengah yang cukup bertenaga untuk memainkan game modern dengan pengaturan grafis tinggi dan resolusi 1080p. Kartu grafis ini menggunakan arsitektur AMD Polaris  dan memiliki frekuensi clock  hingga 1250 MHz. RX 570 juga dilengkapi dengan 2048 stream prosesor dan 32 unit ROB.

PowerColor Red Dragon RX 570 4GB juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru seperti teknologi AMD FreeSync, yang memungkinkan sinkronisasi monitor dan kartu grafis, menghasilkan layar yang lebih halus dan tidak ada robekan layar. Selain itu, kartu grafis ini juga memiliki  DirectX 12, Vulkan dan OpenGL 4.5 yang memungkinkan untuk mendukung berbagai macam game dan aplikasi grafis terkini. Soal harga, PowerColor Red Dragon RX 570 4GB tersedia di pasaran dengan harga sekitar Rp 2 jutaan  tergantung  toko atau seller yang Anda pilih.

 

2. Asus Radeon RX 550 4GB

Rekomendasi VGA Original 4GB DDR5 Harga Dibawah 2 Juta - Asus RX550

Asus Radeon RX 550 4GB – sumber : asus.com

ASUS Radeon RX 550 4GB adalah kartu grafis entry-level untuk pasar mainstream. Kartu grafis ini hadir dengan kapasitas memori 4GB GDDR5 dan merupakan kartu grafis AMD dengan arsitektur Polaris.

Dari segi performa, ASUS Radeon RX 550 4GB mampu memainkan game-game modern yang di setting dengan grafis medium – high dengan resolusi 1080p. Kartu grafis ini memiliki frekuensi clock  hingga 1183 MHz, prosesor 512 stream, dan antarmuka memori 128-bit. Performa tersebut sudah cukup  untuk aktivitas sehari-hari seperti berselancar di internet, streaming video atau bahkan mengedit foto dan video. 

ASUS Radeon RX 550 4GB juga dilengkapi dengan fitur-fitur terkini seperti DirectX 12, Vulkan dan OpenGL 4.5 sehingga mampu mendukung berbagai aplikasi game dan  grafis terbaru. Selain itu, kartu grafis ini juga dilengkapi teknologi AMD FreeSync  yang memungkinkan sinkronisasi tampilan dan kartu grafis untuk tampilan yang lebih halus dan tanpa robekan layar. Dari segi harga, ASUS Radeon RX 550 4GB tersedia di pasaran dengan harga sekitar Rp 1,5 hingga 1,7 jutaan aja.

 

3. Colorful Geforce GT 1030 4G

Colorful Geforce GT 1030 4GB - sumber : tokopedia.com

Colorful Geforce GT 1030 4GB – sumber : tokopedia.com

Colorful Geforce GT 1030 4G VGA adalah kartu grafis dengan penyimpanan 4GB yang dibuat oleh Colorful,  brand kartu grafis dari China yang terkenal. Kartu grafis ini menggunakan arsitektur Pascal  NVIDIA dan termasuk dalam kategori kartu grafis entry-level.

Dari segi performa, VGA Colorful GeForce GT 1030 4G mampu memainkan game-game modern di setting grafis medium hingga high dan resolusi 1080p. Kartu grafis ini memiliki frekuensi clock  hingga 1468 MHz dan dilengkapi dengan 384 CUDA core dan antarmuka memori 64-bit. Memori kartu grafis ini menggunakan tipe GDDR5 yang memiliki kecepatan memori hingga 6000 MHz.

Meski GT 1030 masuk dalam kategori  grafis entry-level, namun performanya masih cukup memuaskan untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti browsing internet, streaming video atau bahkan mengedit foto dan video. VGA Colorful Geforce GT 1030 4G juga hadir dengan fitur NVIDIA seperti GeForce Experience dan driver Game Ready  yang memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan pengaturan grafisnya untuk game yang dimainkannya. Dari segi harga, VGA Colorful Geforce GT 1030 4G dapat ditemukan di pasaran dengan harga sekitar Rp 1,3 hingga 1,5 jutaan.

Dalam memilih VGA dengan kapasitas memori grafis 4GB, tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Terdapat beberapa VGA dengan harga di bawah 2 juta rupiah yang dapat memberikan performa yang cukup baik dalam memainkan game modern hingga editing. Namun, perlu diingat bahwa performa VGA juga dipengaruhi oleh spesifikasi komputer lainnya, seperti prosesor, RAM, dan storage. Oleh karena itu, pastikan spesifikasi komputer Anda memadai untuk dapat memaksimalkan performa VGA yang dipilih.

Continue Reading

Komputer

Rekomendasi Terbaik Mouse Gaming Dibawah 500 Ribu

Published

on

By

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu
5/5 - (2 votes)

Rekomendasi Terbaik Mouse Gaming Dibawah 500 Ribu – InfountukuMouse gaming adalah salah satu perangkat penunjang yang penting untuk para gamer. Dengan mouse gaming yang baik, pemain dapat meningkatkan tingkat akurasi, presisi, dan kecepatan gerakan, serta memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan lancar. Namun, memilih mouse gaming yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu memiliki anggaran yang terbatas. Berikut adalah beberapa rekomendasi mouse gaming di bawah 500 ribu yang bisa menjadi pilihan kamu.

 

Baca Juga : Rekomendasi Keyboard Gaming Dibawah 500 Ribu Terlaris

 

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu

Rekomendasi Terbaik Mouse Gaming Dibawah 500 Ribu

 

   1. Logitech G102 Lightsync (Rp 250.000 – Rp 350.000)

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu - Logitech G102
sumber : aliexpress

 

Mouse gaming ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pemula yang ingin mencoba perangkat mouse gaming. Logitech G102 Lightsync memiliki sensor optik 8000 DPI, tujuh tombol yang dapat diprogram, dan lampu RGB yang dapat disesuaikan. Mouse ini juga dilengkapi dengan fitur Logitech G Hub, sehingga kamu dapat memperoleh pengalaman bermain game yang lebih personal dan sesuai dengan preferensimu.

  2.  SteelSeries Rival 3 (Rp 400.000 – Rp 500.000)

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu - SteelSeries Rival 3
sumber : lazada.co.id

 

SteelSeries Rival 3 adalah salah satu mouse gaming terbaik di bawah 500 ribu. Mouse ini memiliki sensor optik 8500 DPI, enam tombol yang dapat diprogram, dan lampu RGB yang dapat disesuaikan. Mouse ini juga memiliki bobot yang ringan, yaitu sekitar 77 gram, sehingga dapat membantu kamu dalam mengurangi kelelahan tangan selama bermain game.

  3.  Redragon M711 Cobra (Rp 300.000 – Rp 400.000)

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu - Redragon M711 Cobra
sumber : psegameshop.com

 

Redragon M711 Cobra memiliki sensor optik 10.000 DPI, tujuh tombol yang dapat diprogram, dan lampu RGB yang dapat disesuaikan. Mouse ini dilengkapi dengan tiga profil yang dapat disimpan, sehingga kamu dapat menyimpan pengaturan mouse gamingmu dan beralih di antara profil tersebut dengan mudah.

   4. Corsair Harpoon RGB Pro (Rp 350.000 – Rp 450.000)

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu - Corsair Harpoon RGB Pro
sumber : vision-techno.com

 

Corsair Harpoon RGB Pro adalah mouse gaming yang cocok untuk pemula maupun gamer yang berpengalaman. Mouse ini dilengkapi dengan sensor optik 12.000 DPI, enam tombol yang dapat diprogram, dan lampu RGB yang dapat disesuaikan. Mouse ini juga memiliki desain yang ergonomis dan nyaman di tangan.

   5. HyperX Pulsefire Core (Rp 350.000 – Rp 450.000)

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Dibawah 500 Ribu - HyperX Pulsefire Core
sumber : itcomp2u.com

 

HyperX Pulsefire Core merupakan mouse gaming dengan sensor optik 6.200 DPI, tujuh tombol yang dapat diprogram, dan lampu RGB yang dapat disesuaikan. Mouse ini memiliki desain yang nyaman di tangan dan dilengkapi dengan pengaturan DPI yang mudah diakses. Mouse ini juga dilengkapi dengan switch khusus yang dapat memperpanjang masa pakai mouse gamingmu.

Itulah beberapa rekomendasi mouse gaming di bawah 500 ribu yang dapat menjadi pilihan kamu. Dalam memilih mouse gaming, pastikan kamu memilih mouse yang cocok dengan kebutuhanmu dan dapat memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan lancar. Selamat mencari mouse gamingmu yang sempurna dan nikmati pengalaman bermain game yang lebih baik.

 

Continue Reading

Trending